Bagus Mana Kredivo dengan Akulaku?

Di masa pandemi seperti saat ini, kredit cepat jadi opsi yang paling rasional yang diandalkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman maupun untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian. Tak dimungkiri, saat ini banyak juga yang memanfaatkannya sebagai sumber pendanaan baik untuk memulai usaha maupun untuk mengembangkan usaha yang sudah ada.

Hadirnya perusahaan pinjaman online menjadi inovasi tersendiri di dunia finansial. Pasalnya masyarakat kini bisa mengajukan pinjaman tanpa kontak sama sekali. Kini semua bisa mengajukan pinjaman hanya melalui aplikasi seperti yang dihadirkan oleh Kredivo dan Akulaku. 

Keduanya terbilang buka pemain lama dalam dunia pinjaman online. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Yuk, kita simak satu persatu seperti ulasan berikut ini:

Bunga Kredivo vs Akulaku, mana paling rendah?

Kredivo memberikan bunga flat sebesar 2,6% per bulan dimana bunga tersebut berlaku untuk belanja online di berbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan Kredivo baik online maupun offline. Bunga itu pula berlaku jika kamu mengajukan pinjaman tunai baik itu pinjaman mini maupun pinjaman jumbo dengan kredit limit hingga Rp30 juta.

Sedangkan bunga Akulaku disesuaikan dengan jumlah pinjaman. Sehingga bunganya pun mengikuti jumlah pinjaman yang diajukan. Contoh perhitungan salah satu pengguna, untuk pinjaman sebesar Rp500 ribu dikenakan bunga sebesar 17,6% dengan tenor 22 hari. Kredit limit yang diberikan oleh Akulaku sebesar Rp15 juta.  

Supaya lebih jelas, yuk kita coba simulasikan untuk pinjaman dengan nilai Rp1 juta dengan tenor 30 hari dalam tabel berikut ini:

Kredivo Akulaku
Jumlah Pinjaman Rp1.000.000 Rp1.000.000
Bunga 2.6% 8%
Biaya Admin 4% 8%
Total Bunga Rp86.000 Rp160.000
Total Pengembalian Dana Rp1.086.000 Rp1.160.000

 

Dari simulasi tersebut kita bisa melihat perbandingannya bunga pinjaman yang ditetapkan oleh kedua pinjaman online ternama tersebut.

Keunggulan Kredivo vs Akulaku 

Selain perbandingan tentang bunga, ada beberapa perbandingan lain yang bisa diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Kredivo memiliki kelebihan dalam kredit limit yang tinggi serta bunga yang rendah. Untuk pembelian barang elektronik seperti handphone dan lainnya tidak memerlukan uang muka. Namun, kredit limit itu pun terbatas sesuai dengan plafon debitur masing-masing. 

Sementara Akulaku mensyaratkan uang muka. Uang muka inilah yang sebenarnya menjadi kerugian sekaligus keuntungan. Bagi yang tidak punya dana sama sekali ketika akan membeli handphone, orang akan cenderung mencari persyaratan tanpa uang muka, Tetapi, di sisi lain ketika terdapat limitasi kredit, debitur bisa membeli barang yang lebih mahal dari plafon yang ditetapkan dengan catatan menyesuaikan uang mukanya sehingga memenuhi syarat cicilan. 

Transaksi Offline 

Kabar tentang Akulaku Pay Offline sebenarnya sudah terdengar kabarnya sejak akhir tahun 2018. Tetapi faktanya di lapangan kini kedua raksasa pinjaman online mau tak mau memang harus bersaing dengan penyedia dompet digital seperti OVO dan GOPAY.

Menariknya, kini baik Akulaku maupun Kredivo sudah mulai menjajal kembali transaksi di beberapa merchant secara offline. Akulaku sudah menggagas transaksi di merchant offline termasuk di gerai konvensional. Sementara Kredivo pun tak mau ketinggalan dengan produk offline scan barcode sebagai salah satu fitur paling anyarnya.

Kredivo mengklaim bahwa kini sudah bisa dilakukan transaksi secara offline di beberapa merchant seperti Erafone, Best Denki, Electronic City, McD, IKEA serta ada 350+ merchant lainnya di Indonesia.

Dari gambaran tersebut sebenarnya kamu sudah bisa menentukan mana yang paling bagus diantara keduanya. Kamu bisa membandingkan dari besaran bunga, kredit limit hingga keunggulan dalam transaksi offline nya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *